Semiotika tentang Mitos dan Pengalaman Estetis dari Video Klip Monokrom – Tulus

Aula Shavira Afifah 202146500797-R4J

Pada lagu monokrom berisi tentang sebuah kenangan sebagai konseptual dari mitos. Kenangan pada video klip monokrom tersebut bermakna tentang ingatan hitam putih atau samar-samar tentang orang yang dirindukan. Lirik lagu tentang keinginan penulis lagu yang ingin mengucapkan terima kasih atas segalanya yang diberikan oleh orang yg dirindukannya tersebut.

Dari video klip tersebut dapat memberikan sebuah gambaran visual tentang ingatan yang mendengar menjadi sebuah pengalaman estetis.

Bagi saya sendiri saat melihat dan mendengarkan lagu Monokrom ini mengingatkan saya tentang sebuah kenangan yang cukup lama yaitu saat SMP. Pada adegan anak kecil yang memotong kue ulang tahun tersebut, sekejap saya juga mengingat kue ulangtahun pertama saya yang justru diberikan oleh temen sekelas saya. Hal yang sebenarnya gak pernah saya harapkan karna saat itu merupakan tahun pertama saya saat SMP dan membuat saya cukup terharu. Namun, anehnya saat saya ingin mengingat semua teman-teman saya saat SMP tersebut justru semakin samar bagaimana wajah mereka saat itu. Sebenarnya ada saat di mana harusnya saya bisa mengucapkan Terima Kasih karena mereka membuat sesuatu momen yang tidak terlupakan untuk saya.

Lewat lagu bahkan dapat memberikan bermacam reaksi yang berbeda bagi penikmatnya. Dan keinginan dari penulis lagu juga bisa tersampaikan di mana ia ingin para pendengarnya bisa mengingat sebuah kenangan yang berarti dalam hidup meskipun itu sudah semakin samar-samar untuk diingat kembali.


Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai